ANTISIPASI GANGGUAN ANTHURIUM DI MUSIM HUJAN

Gangguan pada tanaman hias khususnya Anthurium dimusim penghujan diantaranya busuk akar, gangguan jamur, cendawan, bakteri, busuk batang, busuk basah pada daun dan sebagainya, memerlukan tindakan dan perhatian lebih dalam perawatan tanaman ini.

Beberapa langkah antisipasi dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga Anthurium agar tetap sehat dan indah di musim hujan sebagai berikut.

1.Gantilah media tanam yang lebih porous, air lebih mudah mengalir kebawah tidak sampai menggenang. Ini bisa dilakukan dengan mengurangi pemakaian pupuk kandang, kompos, atau pakis yang terlalu lembut. Pakis kasar lebih baik, anda juga bisa memberikan arang ( bisa menyimpan air, tanpa unsur hara, mengikat racun ) atau pecahan stereofoam/gabus pada bawah pot.

2.Jika anda tidak sempat mengganti media tanam, anda bisa membuat lubang pada permukaan samping pot, dengan jumlah secukupnya ( akar Anthurium juga memerlukan udara/oksigen ).

3.Semprotkan obat anti jamur dan bakteri secara berkala kurang lebih seminggu sekali pada media tanam, daun, juga lingkungan sekitar tanaman.

4.Kurangi intensitas penyiraman, perhatikan kelancaran sirkulasi udara di sekitar tanaman, anda bisa memasang kipas angin untuk mengurangi kelembaban area sekitar. Kelembaban tanah dan udara terasa pengap memancing datangnya berbagai jenis jamur dan bakteri.

5.Seringlah menjemur Anthurium anda di pagi hari antara jam 8 - 10 .

6.Jika salah satu Anthurium anda mengalami gangguan, segera pisahkan dengan tanaman yang lain. Segera potong/amputasi daun yang menguning atau terdapat bercak jamur atau cendawan. Penularan dan penyebaran penyakit Anthurium di musim hujan cepat sekali.

Semoga bermanfaat bagi anda yang sangat mencintai Anthurium atau tanaman hias lain.





0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.