4 FAKTOR UTAMA PERAWATAN ANTHURIUM

Sebelum anda memelihara Anthurium, sebaiknya anda memahami karakter Anthurium untuk bisa tumbuh optimal. Perawatan Anthurium sebenarnya relatif mudah, sifatnya yang bisa hidup di ruangan/indoor yang minim cahaya dan daun tanaman ini juga tahan lama tidak cepat layu. Meski demikian anda harus memahami beberapa faktor penting dalam merawat Anthurium, setelah itu baru mempelajari syarat tumbuh seperti media tanam, unsur hara, pot, atau perawatan tongkol.
Berikut ini beberapa faktor utama dalam pemeliharaan anthurium :

1.Sinar Matahari
Di alam habitat aslinya Anthurium hidup dibawah naungan pohon yang rindang, teduh hanya mendapat sinar matahari sekitar 25 % untuk proses fotosintesis, jika mendapat sinar matahari langsung akan menyebabkan daun terbakar (sunburn) menjadi kering coklat dan layu. Idealnya digunakan paranet 75 % untuk meredam sinar matahari. Jika mungkin dengan keterbatasan lahan, anthurium dimasukkan dalam ruangan ataupun teras pastikan Anthurium tetap mendapatkan cahaya dengan cara menjemur di pagi hari seminggu sekali, atau memasang lampu fluorescent untuk membantu proses fotosintesis. Kekurangan sinar matahari juga mengakibatkan daun pucat dan kusam terkesan kurang sehat. Memang beberapa jenis Anthurium ada yang lebih tahan sinar matahari diantaranya jenis Gelombang Cinta atau varian hitam, tetapi juga tak lebih dari 35 %.

2.Suhu
Untuk tumbuh optimal Anthurium membutuhkan suhu antara 15-29 derajat Celcius, karena produksi klorofil lebih banyak yang membuat daun lebih hijau dan mengkilap, jika suhu lebih dari ini daun akan terlihat pucat dan pudar. Anda bisa memasang alat pengukur suhu di area sekitar tanaman supaya bisa mengontrol dan melakukan langkah antisipasinya misalnya pengabutan pada daun dan media tanam.

3.Kelembaban

Anthurium adalah tanaman yang sangat membutuhkan air, idealnya kelembaban berkisar dari 75-90%, bila kurang dari ini ( kering ) akan mengakibatkan daun keriput dan menguning. Sebaliknya jika kelembaban berlebih akan memunculkan penyakit terutama cendawan yang mengakibatkan kebusukan akar.

4.Sirkulasi Udara

Anthurium membutuhkan sirkulasi udara yang baik, jika sirkulasi udara kurang akan menyebabkan banyak penyakit terutama jamur dan unsur hara tidak terserap secara maksimal dan akan berakibat lambatnya pertumbuhan Anthurium atau daun menjadi kerdil.

Selamat menikmati Anthurium yang Eksotis…

0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.