TREND PASAR YANG MEMBINGUNGKAN !

Pasca Lebaran, banyak para pemain dalam bisnis Anthurium merasa resah, khawatir, takut bermain, banyak para penjual ataupun para pemula bertanya-tanya karena melihat pasar yang lesu, jual beli yang menurun, banyak event-event diadakan dengan promo besar tapi berkebalikan dengan animo masyarakat di rasakan mulai berkurang. Ada beberapa sebab yang melatarbelakangi gejala ini :

1. Trauma Gelombang Cinta
Menjelang Ramadhan yang lalu, trend Anthurium Gelombang cinta yang meledak tak terduga, kenaikan yang hampir mencapai 300% bahkan untuk ukuran indukan bisa mencapai kenaikan 10x lipat. Tiba-tiba trend menurun drastis, harga jatuh dalam sekejap, harga biji yang semula mencapai Rp 25ribu turun sampai ke titik Rp 3ribu ! Banyak yang mengalami kerugian besar saat itu, tapi banyak pula pemain besar merasakan untung yang luar biasa dengan fenomena tsb. Bahkan tulisan saya yang berjudul “GELOMBANG CINTA MERANA LAGI” di Langitlangit.com menuai banyak protes dan hujatan, Posting saya langsung mencapai puncak “TOP RESPONSE”. Tapi pada akhirnya banyak yang terdiam dengan fakta yang sesuai dengan prediksi saya sebelumnya. Ya ! fenomena Gelombang Cinta banyak membuat mental para pebisnis Anthurium DROP !

2. Strategi Wait and See

Belajar dari pengalaman naik turun harga Gelombang cinta bagaikan JetCoaster, mayoritas para pemain lebih berhati-hati dalam berspekulasi dalam jual beli Anthurium, berita-berita atau isu tentang varian yang akan booming gencar dilakukan oleh media, tapi berhubung mental sudah jatuh, mereka hanya menunggu dan melihat realita dilapangan, justru inilah saat yang tepat bagi para pemodal besar membeli dari bibit sampai indukan dalam jumlah besar. Karena mereka punya modal besar dan tidak butuh sirkulasi cepat, banyak mereka menahan dan menyembunyikan banyak Anthurium untuk membuat kelangkaan di pasaran. Dan sekali lagi para pemain kecil kebingungan !!!

3. Ketika Jenmanii Tak Pernah Ingkar Janji
Pada saat Gelombang Cinta booming, arus jual beli Jenmanii seolah-olah berhenti, banyak para pemain menjual Jenmanii dengan harga dibawah standard untuk digunakan bermain Gelombang Cinta, berharap sirkulasi keuntungan yang cepat. Sekali lagi para pemain besar dengan mudah mengumpulkan Varian Jenmanii dalam jumlah banyak, untuk diorbitkan lagi setelah era Gelombang berakhir, Jenmanii semakin mahal tak terkejar, belum lagi sangat sulit menemui bibit dalam jumlah besar dipasaran. Biji jenmanii mencapai Rp 200ribu, pokoknya jenmanii disikat saja ! Bahkan memunculkan maraknya penipuan bibit jenmanii dengan bibit Anthurium Golok. Siapa yang untung lagi ?

4. Para Importir dan Banyak munculnya Varian baru
Para importir besar yang banyak mendatangkan varian baru dari Thailand, Ekuador, Amerika Selatan dll. Menawarkan Varian baru yang masih jarang ditemui dengan harga murah, memunculkan trend dan minat pasar yang sangat cepat berubah, membuat para petani khawatir dengan naik turunnya harga, segera menjual dengan harga lebih miring khawatir dengan kerugian yang lebih besar, para pemula yang bingung dengan banyaknya jenis Anthurium, mulai setengah hati dalam memburu Anthurium dan berimbas pada kelesuan pasar, jumlah pembeli/peminat terbesar adalah para hobiis dan pemula. Siapa yang rugi? Akankah jadi Bumerang ?

Semua terserah anda… Ini sekedar masukan, terserah mau anda pakai atau tidak… Bermainlah pada Jenis Jenmanii yang tak pernah ingkar janji, atau jenis warna-warni karena warna sekedar “hijau” sudah banyak sekali ! Dan tinggal tunggu FAKTANYA !!!
Mau dibilang Provokasi, silahkan….

0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.