AIR MEMATIKAN TONGKOL ANTHURIUM ?

Banyak kasus terjadi pada tongkol anthurium, diantaranya layu, mengering, penyerbukan gagal ( kurang sempurna ), tangkai tongkol mengalami kebusukan dan lain-lain.
Berikut ini beberapa penyebab dan langkah-langkah yang harus dilakukan supaya tongkol tumbuh berkembang dengan baik dan pembuahan lebih maksimal:

1.Memperbanyak unsur P pada komposisi pupuk / nutrisi tanaman, karena unsur ini merangsang pembungaan, pembuahan dan pembentukan biji. Jika unsur ini kurang, tongkol akan mengambil dari daun yang mengakibatkan daun rusak dan tunas baru tidak tumbuh optimal.

2.Pada tongkol yang baru muncul atau baru mengeluarkan madu jangan sampai terkena air baik saat penyiraman ataupun terkena air hujan.

3.Untuk tongkol latihan ( pertama dan kedua ) sebaiknya dipotong.

4.Jangan lakukan penyilangan ketika keluarnya madu belum merata, dan serbuk sari juga harus berasal dari tongkol yang sehat dan berasal dari indukan berumur ( sebelumya sudah terdapat tongkol yang berhasil penyerbukan sendiri )

5.Sebaliknya ketika tongkol sudah mengalami penyerbukan sempurna, Anthurium anda memerlukan air lebih banyak ( penyiraman lebih sering ). Dan anda bisa menambah porsi pupuk kandang ( dari kotoran kambing ), Anthurium dewasa lebih tahan dari efek samping penggunaan pupuk kandang.

6.Pastikan pot yang anda gunakan sesuai dengan besar tanaman ( semakin besar semakin baik ) agar akar bisa tumbuh menyebar dengan baik. Untuk jenis birdnest (wave,raffles dll) dan jenmanii gunakan pot yang berbentuk melebar, dan untuk varian hokeri, keris dll gunakan pot yang berbentuk ramping dan tinggi.

7.Jika terjadi gangguan pada daun atau akar, jangan ragu untuk segera memotongnya dan lakukan tindakan pengobatan sesuai penyebabnya.

Semoga bisa menjawab pertanyaan dari beberapa hobiis yang masuk ke email saya.

0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.