APAKAH SATU TONGKOL BISA DIBUAHI BEBERAPA JENIS LAIN ?

Beberapa email yang masuk banyak yang bertanya apakah satu tongkol bisa dibuahi beberapa jenis lain? Sebenarnya ilmu genetika tanaman tidak jauh dengan makhluk hidup lainya yaitu hewan ataupun manusia.

Tongkol Anthurium yang mengeluarkan madu ( sel betina ) yang siap dibuahi bisa dilakukan penyilangan dari serbuk (sel jantan ) dari tongkol lain dari beberapa jenis contoh : Tongkol Hokeri hijau yang mengeluarkan madu bisa diserbuki dari beberapa jenis hokeri merah, hitam, garuda, jenmanii ataupun jenis lain.

Tapi perlu dicatat, anakan dari penyilangan ini hanya akan menghasilkan sifat dari dua jenis induknya. Mungkin anakan tersebut mengandung karakter hokeri hijau+merah, hokeri hijau+hitam, hok hijau+garuda, tetapi mustahil anakan tersebut mengandung 3 karakter atau lebih dari induknya. Jadi mustahil anda mendapatkan satu anakan yang mempunyai karakter hokeri hijau+jenmanii+garuda !

Penyilangan satu tongkol dengan beberapa varian, jarang dilakukan karena tujuan penyilangan adalah untuk memunculkan varian unggul dan berkarakter kuat dan hal ini harus disertai pencatatan detail tentang prosentase hasil yang yang sesuai keinginan kemudian disilangkan kembali dengan varian yang lebih bagus, dan hal ini membutuhkan proses lama dan ketelatenan.

Banyaknya varian baru di Indonesia tapi sangat sulit untuk indentifikasi induknya, sering disebabkan banyak indukan dalam satu ruangan berdekatan yang kemungkinan besar terjadi penyerbukan tidak disengaja ( bisa karena binatang/serangga ataupun angin ) jadi proses penyilangan yang bagus harus melalui proses isolasi/karantina dan pencatatan yang detail.

Semoga bisa menjawab beberapa hobiis pemula Anthurium.






0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.