CARA MUDAH MENYEMAI BIJI ANTHURIUM

Beberapa hobiis menanyakan cara tepat untuk menyemai biji-biji anthurium dan komposisi media tanam yang paling bagus, karena banyak yang mengeluh dengan banyaknya biji yang gagal tumbuh/semai atau mengalami kebusukan.

Biji-biji setelah panen dari tongkol sebaiknya langsung disemai, kalau anda ingin menyimpannya untuk proses penjualan sebaiknya dibiarkan biji masih terbungkus kulitnya ( jangan dipencet keluar dulu ). Karena beberapa varian hybrid diantaranya : Black Beauty, Black Selvet, Anthurium Hybrid ( silangan dari dua jenis ) sangat rentan sekali apabila biji tidak langsung disemai karena bisa mengakibatkan gagal tumbuh.
Berikut tahap-tahap penyemaian biji-biji Anthurium yang sebenarnya cukup mudah dilakukan.

1. Keluarkan biji anthurium dari kulitnya, dan rendam dalam air hangat untuk beberapa saat untuk membersihkan lendir yang menempel. Lendir ini bisa menghambat pertumbuhan akar dari biji. Jadi sebaiknya pastikan biji harus bersih dari lendir.

2. Siapkan wadah/tempat penyemaian, anda bisa menggunakan toples, nampan, atau kotak mika ( wadah bening semakin baik ). Letakkan beberapa lembar lapis tissue diatasnya dan basahi dengan air ( jangan lupa diwadah semai bagian bawah dilubangi untuk mencegah tissue terlalu basah ( menggenang ).

3. Letakkan biji satu persatu diatas tissue dengan jarak 1cm ( jarak disini tidak terlalu berpengaruh karena setelah menjadi kecambah, segera dipindah pada media tanam baru). Meletakkan biji sebaiknya menggunakan pinset, jangan menggunakan tangan kecuali tangan anda bersih, steril dan bebas keringat.

4. Tutup bagian atas tempat penyemaian dengan plastik bening atau kaca, usahakan ditutup dengan rapat hampa udara untuk memaksimalkan pertumbuhan kecambah.

5. Setelah kurang lebih 10-15 hari biji-biji akan mulai tumbuh akar menjadi kecambah, siapkan media tanam baru dengan bahan pakis halus, bisa ditambahkan kompos atau cocopeat. Jangan menggunakan pupuk kandang karena rawan terjadi kebusukan pada akar tanaman. Pindahkan kecambah ke media tanam baru dengan jarak + 2 cm juga menggunakan pinset dan pastikan akar tertutup media tanam lalu siram dengan air untuk lebih memampatkan media tanam supaya akar lebih kuat mencengkeram akar pakis.

6. Setelah tumbuh 2-3 daun lakukan repotting ( pindah ke pot satuan ) dan bibit akan optimal pertumbuhannya.

Semoga bermanfaat, dan yang perlu dicatat jangan menggunakan obat kimia perangsang daun atau akar, proses alami lebih baik dan sterilkan media tanam anda.






0 comments:

Poskan Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.