KAPAN MENGGANTI MEDIA TANAM ?

Secara umum media tanam dibedakan menjadi 3 kriteria : Tanaman suka kering (xerofit), tanaman agak lembab ( mesofit ) dan tanaman lembab ( hidrofit ). Anthurium termasuk jenis tanaman yang suka agak lembab ( mesofit ), kenapa media terbaik adalah pakis ? karena pakis bersifat ringan, sangat porous dan mampu mempertahankan kelembaban tetapi tidak jenuh air. Dalam perawatan Anthurium susunan air ( drainase ) dan susunan udara ( aerasi ) harus diperhatikan, jika anda mencari bahan alternatif pengganti pakis sebaiknya tidak jauh dari sifat pakis itu sendiri. Anthurium bisa hidup di media tanah, tapi pertumbuhannya pasti tidak optimal dan sesuai harapan.

Pada Anthurium, pertumbuhan akar lebih tinggi daripada pertumbuhan bagian atas tanaman, karena itu media tanam harus dikondisikan untuk lebih optimalnya pertumbuhan akar ( media harus mudah ditembus oleh akar, dan kebutuhan udara pada anthurium tetap terjaga ). Akar Anthurium yang sehat berwarna putih, jika tidak sehat akan berwarna coklat kehitaman. Bila media tanam kurang porous akan menyebabkan busuk akar dan akibatnya Anthurium tidak bisa tumbuh dengan baik.

Kapan harus mengganti media tanam Anthurium ? Media tanam harus diganti ketika pertumbuhan akar terganggu, dan media tanam kurang porous ( menjadi padat dan sulit ditembus akar ). Penggantian media tanam pada ukuran bibit sampai remaja berjalan sesuai dengan waktu repotting ( ganti pot ) yang bisa ditandai dengan akar sudah menyentuh batas pot ( akar terlalu penuh dan saling membelit satu sama lain ). Penggantian media tanam juga harus dilakukan bila terjadi kebusukan akar, media harus diganti total yang steril.Yang harus diperhatikan mengganti media tanam sebaiknya menunggu tunas daun baru tumbuh optimal, karena stress tanaman karena media tanam baru bisa mengganggu pertumbuhan tunas daun yang masih kuncup.

Untuk indukan Anthurium yang bertongkol penggantian media tanam harus lebih berhati hati, jangan sampai mengakibatkan banyak akar putus. Penggantian media juga jangan seluruhnya, hanya bagian atas sekitar 20-25% saja, jika terdapat gangguan jamur segera lakukan langkah pengobatan. Penggantian media yang sembarangan akan mengakibatkan stress dan gangguan pada pertumbuhan tongkol. Idealnya pengecekan media tanam pada Indukan Anthurium minimal 6 bulan dan maksimal 1 tahun. Repotting ( ganti pot ) untuk indukan sebaiknya menunggu tongkol sudah terjadi penyerbukan sempurna.






0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.