MERAWAT VARIGATA, SULITKAH ?

Memiliki tanaman hias jenis varigata, merupakan kebanggaan dan kepuasan tersendiri apabila bisa tumbuh sehat dan optimal. Merawat jenis varigata khususnya Anthurium memang gampang-gampang susah, karena mengalami kekurangan klorofil/zat hijau daun dan sangat rentan sekali terkena gangguan sinar matahari langsung, lambatnya pertumbuhan, bentuk daun abnormal atau tidak simetris, apalagi jenis varigata yang warna putihnya dominan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman hias khususnya Anthurium jenis varigata :

1.Hindari terkena sinar matahari langsung meskipun di pagi hari, lebih baik menggunakan paranet dengan prosentase diatas 75 %, karena daun sangat rentan sekali terhadap sinar matahari yang mengakibatkan daun kering dan layu terutama pada daun muda.

2.Minimkan pemberian nutrisi/pupuk/perangsang melalui penyemprotan ke daun, lebih baik pemberian nutrisi melalui akar melalui media tanam, penyemprotan pada daun hanya menggunakan air biasa dan hanya pengabutan secara berkala untuk menjaga kelembaban.

3.Hindari pemakaian pupuk kandang, meskipun steril karena dengan adanya penyiraman pada media kemungkinan besar menimbulkan banyaknya bakteri atau jamur merugikan. Media tanam sebaiknya hanya terdiri pakis, kompos, dan pupuk slowrelease saja, hindari juga pemakaian cocopeat . lebih baik menggunakan arang pada sekitar akar tanaman untuk lebih optimalnya pertumbuhan akar.

4.Hindari penggunaan obat pengkilap daun kimia, gunakanlah bahan alami misalnya : santan, susu segar atau air mineral kemasan.

5.Pisahkan jenis varigata dengan jenis biasa, untuk mencegah penularan gangguan jamur, cendawan atau bakteri merugikan. Sebaiknya anda punya ruang tersendiri untuk jenis-jenis varigata.

Semoga bermanfaat dan tanaman varigata anda tumbuh sehat dan indah.







0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.