BAGAIMANA MENJADI HUNTER YANG BAIK ?

Profesi hunter atau bisa disebut juga broker dalam bisnis tanaman hias sudah menjadi bagian penting dalam perkembangan trend bisnis ini. Para pemain besar selalu menggunakan jasa mereka untuk kepentingan mencari barang, sekaligus digunakan untuk menggerakkan pasar. Dengan banyaknya para hunter berkeliaran di berbagai daerah baik ke petani ataupun event pameran, sangat berpengaruh pada naik turunnya trend tanaman hias. Jenis-jenis atau varian yang banyak diburu para hunter akan membuat jenis-jenis tersebut naik harga dengan cepat. Yah, meskipun trend tanaman hias juga dipengaruhi oleh banyak faktor, diakui atau tidak keberadaan para hunter tetaplah menjadi bagian penting dalam bisnis tanaman hias.

Dengan melejitnya Anthurium, profesi ini sangat menguntungkan dan banyak dilakukan oleh orang-orang dengan latar belakang profesi yang beragam, dari pengangguran, tukang becak, pegawai negeri dan masih banyak lagi . Modal uang juga tidak terlalu penting dalam profesi ini, yang terpenting adalah pergaulan dan wawasan luas serta pengetahuan tentang tanaman yang mutlak di butuhkan. Di sini saya akan membagi pengalaman tentang bagaimana cara untuk menjadi hunter yang baik, karena disamping punya banyak hunter, saya juga sering menjadi hunter dengan berburu Anthuriumdi berbagai daerah.

1. Jujur untuk meraih kepercayaan
Untuk memperoleh kepercayaan oleh bos-bos besar tentu saja kita harus menjaga kepercayaan mereka, seorang hunter juga harus bisa menjalin hubungan yang baik dan seluas-luasnya baik dari penyedia ataupun pemesan barang. Kalau kepercayaan sudah terbentuk, modal uang sudah tidak penting lagi.

2. Pengetahuan tentang tanaman yang bagus
Pengetahuan di sini bukan tentang perawatan ataupun budidaya, dalam bisnis Anthurium dengan banyaknya varian hybrid, tentu saja dibutuhkan kejelian dan insting yang tajam terutama pada ukuran bibit, karena penyimpangan genetika tak sesuai induknya kemungkinan sangat besar. Mendapatkan calon anthurium berkarakter dan mempunyai nilai jual yang tinggi yang membuat keuntungan para hunter semakin besar.

3. Tahu harga dan negosiasi yang baik
Selalu mengikuti perkembangan harga dan pasar yang sedang berjalan, dan mampu memperoleh tanaman dibawah harga pasar dan mendapat keuntungan ketika dijual kembali.

4. Tahu peta trend berbagai daerah
Trend Anthurium selalu berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lain. Misal daerah A sedang trend gelombang cinta, daerah B trend hokeri, daerah C trend jenmanii. Para hunter harus mengambil varian yang kurang diminati di suatu daerah dan di jual kembali dengan harga tinggi di daerah lain yang jenis tersebut sedang trend. Sederhananya, menyiasati perbedaan harga dari berbagai daerah.

5. Sesama hunter jangan saling sikut
Seorang hunter berpengalaman, mereka merekrut sub-sub hunter baru untuk kerjasama dan tentu saja memberi pengetahuan tentang ciri-ciri dan kriteria anthurium terlebih dulu. Yang penting link-link ke bos/pemesan yang bermodal besar tetap mereka jaga kerahasiaannya.

6. Jangan ingin cepat untung besar
Anda harus bisa membedakan manakah yang anda layani sebagai pemesan barang. Bedakan kriteria barang yang dicari kolektor atau nursery/pedagang. Kolektor untuk kepuasan dan kebanggaan, nursery/pedagang untuk dijual kembali. Pasanglah harga sewajarnya karena para kolektor dan pemain sangat tahu kisaran harga di pasaran.

7. Pekerjakan banyak orang
Saya yakin pengunjung di blog ini adalah orang berpendidikan yang cukup dan berwawasan ( pengguna internet di negeri ini masih kalangan terbatas ), jika anda ingin menjadi hunter yang besar dan punya jaringan kuat, pekerjakan banyak orang di sekitar anda, mau pengangguran, tukang ojek, tukang becak atau dari profesi apapun untuk membantu anda. Bekali mereka dengan kamera dan uang transport semua sudah berjalan kan ? Membuat mereka senang dan selama menguntungkan kenapa tidak ?







0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.