WASPADA DENGAN NAMA-NAMA HYBRID BARU

Saat ini sudah tidak terhitung secara pasti jumlah hybrid baru dalam Anthurium, sejumlah nursery juga banyak mengeluarkan varian baru untuk mendongkrak nama dan penjualan mereka, ditunjang dengan banyaknya media cetak baru yang mengulas tentang Anthurium yang tentu saja menjadi ajang promosi yang efektif dan cakupan pasar yang lebih luas. Yang memprihatinkan, konsumen terbesar Anthurium yakni pemula/end user kurang mengerti dengan seluk beluk kelebihan dan kekurangan sebuah varian hybrid hasil penyilangan.

Pengertiannya begini, persilangan antara dua jenis Anthurium ( species ) menghasilkan keturunan lebih banyak yang mirip dengan kedua induknya, sedangkan penyilangan sesama Anthurium hybrid kemungkinan bibit yang membawa karakter kedua induknya sangatlah kecil. Dalam persilangan selalu ada prosentase bibit unggul dan bibit yang kurang unggul ( tidak sesuai harapan ). Sementara induk yang berasal dari varian hybrid ( meskipun tanpa disilangkan ) akan menghasilkan banyak karakter yang tidak mirip dengan induknya, bahkan sama sekali berbeda dengan induknya.

Nah, masalahnya banyak para breeder mengeluarkan varian baru ukuran remaja ( memang karakternya baru tidak seperti jenis lain ) kemudian mereka menyediakan bibit dengan nama yang sama ukuran 1,2,3 daun. Tentu saja banyak pemula tergoda dan segera memburunya dengan harga yang tentu saja cukup tinggi, dan di belakang hari mereka kecewa karena anthurium mereka tidak seperti yang di harapkan. Apakah para breeder melakukan penipuan? Bisa iya bisa tidak, mereka yakin sudah menyilangkan sesuai jenis yang disebutkan, tetapi memang resiko penyimpangan genetika kemungkinan sangat besar dalam persilangan. Memang ada sih, para breeder nakal yang melakukan penipuan, tapi rasanya kurang pas kalau saya kupas panjang lebar di blog ini. Intinya anda memahami dulu tentang seluk beluk hibridisasi dan pasti anda bisa lebih jeli dalam memilih anthurium yang anda beli.

Hal diatas banyak terjadi terutama di varian hitam, Anthurium black series memang harganya selalu stabil dan menjadi koleksi yang ekslusif. Bahkan yang memprihatinkan ada sebuah tabloid/majalah tanaman hias yang mengupas tentang Anthurium Black Velvet yang disitu di tulis merupakan persilangan dari Gelombang Cinta Hitam dan Kuping Gajah (crystallianum). Perlu diketahui bahwa kedua tanaman memang sama-sama Anthurium tetapi beda SEKSI ( istilah ilmiah seperti Family, Genus dll ) dan persilangan berbeda seksi mustahil terjadi, jadi kesimpulannya tulisan tersebut merupakan sebuah kebohongan. Jadi berhati-hatilah dengan varian baru yang dibilang persilangan dari jenis ini dan jenis itu yang tentu saja dipilih varian unggul yang berharga mahal. Bahkan banyak yang secara asal-asalan menyebut hasil dari persilangan dua jenis tertentu, hanya dengan mengacu bentuk dan warna daun yang mengandung karakter induk yang disebutkan, padahal mereka tidak tahu pastinya.

Semoga bisa menambah pengetahuan anda, dan para pemula bisa lebih paham dan jeli memilih Anthurium yang dibeli. Lebih amannya memang membeli Anturium ukuran remaja yang sudah terlihat karakternya, tetapi tentu saja dengan harga yang jauh lebih mahal tentunya.








0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.