TENTANG MEDIA MASSA : PART 1

Sebelumnya saya mohon maaf sebesar-besarnya pada semua pihak apabila tulisan saya menyudutkan pihak tertentu dan tentunya masih banyak kekurangan dan hal yang kurang berkenan dalam penyampaian pemikiran saya dalam blog ini. Tujuan saya tidak lain sebagai kritikus yang menyampaikan kritik yang membangun demi kemajuan bersama dan menghindari pembodohan publik oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Mari jadikan masyarakat kita berwawasan dan sejajar dengan bangsa lain.

Sesuai bidang yang saya pelajari dan tekuni, disini saya akan menulis tentang media massa tanaman hias menurut sudut pandang saya berupa kritik dan saran tentang berita, artikel, trend, bursa, teknonogi budidaya dan genetika tanaman hias. Karena saya menemukan banyak tulisan yang bertentangan dengan fakta dan realita sebenarnya. Tidak ada kepentingan lain atau intrik tertentu atau demi popularitas misalnya.

Tidak diragukan lagi bahwa media massa mempunyai peran yang sangat besar dalam kemajuan tanaman hias, sebagai media informasi dan berita terbaru yang menjadi konsumsi publik yang dijadikan acuan dan pegangan oleh semua elemen baik dari penghobi, pemula, pedagang, hunter, pebisnis, kolektor dan sebagainya. Perkembangan dunia tanaman hias yang sangat pesat di Indonesia sangat dipengaruhi ekspos media besar-besaran dan berbagai event-event besar yang banyak di selenggarakan oleh kerjasama beberapa media dengan elemen-elemen dalam bisnis ini.

Bisnis tanaman hias tidak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat kita, bisnis ini dipandang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Bisnis ini juga tidak akan hilang ditelan jaman, karena bisnis ini menyangkut hobby, keindahan, refreshing, prestise status sosial dan kelestarian lingkungan.

Tanpa peran media massa tidak mungkin semua itu bisa tercapai. Tetapi sering kita dengar ketidakpuasan publik dengan tulisan-tulisan media massa yang dianggap banyak kepentingan didalamnya, pemaksaan trend demi keuntungan yang besar pihak-pihak tertentu, media massa bisa dibeli oleh para pemodal besar, berita-berita tentang transaksi yang terlihat mustahil, banyak artikel yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, dan masih banyak lagi.

Benarkah semua itu ? Apakah mungkin pendapat-pendapat tersebut diluncurkan beberapa pihak demi kepentingan yang lain ? Saya tunggu kontribusi pemikiran dan pendapat anda dalam menyikapi kenyataan tersebut. Semua akan saya paparkan pada part-part selanjutnya.

( Bersambung ke PART 2 )





0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.