MEMBUAT BIJI ANTHURIUM TAHAN LAMA

Terkadang saat kita memanen biji-biji Anthurium dari tongkol yang matang siap panen, mungkin dengan kesibukan/pekerjaan lain atau kepentingan untuk menjual kembali dalam bentuk biji kita harus menunda untuk segera menyemai biji-biji tersebut. Bagaimana cara agar biji-biji tersebut lebih tahan lama dan tetap tumbuh dalam proses penyemaian nantinya ?

Sebenarnya kunci terpenting terletak pada suhu dan kadar air yang terkandung dalam biji-biji tersebut. Biji harus diletakkan dalam wadah/ruangan yang benar-benar kering dan suhu idealnya adalah 26-30 derajad Celcius, karena dalam kondisi lembab dan basah biji tersebut akan segera tumbuh tunas dan rawan membusuk akibat serangan cendawan. Sementara kadar air dalam biji tidak boleh lebih dari 10%.

Di samping itu sirkulasi udara juga harus lancar dan jangan disimpan dalam wadah yang benar-benar tertutup. Dan yang harus diperhatikan, lendir yang menyelimuti biji harus dibersihkan dan diangin-anginkan sampai kandungan air berkurang.

Biji-biji tersebut diletakkan diatas kain kasa atau kertas tipis/tissue yang kering sampai waktunya disemai, tetapi alangkah baiknya biji tersebut disemai jangan sampai melebihi 2 minggu, karena otomatis prosentase keberhasilan biji bias tumbuh tunas akan menurun. Untuk waktu yang lebih lama sebenarnya ada zat/larutan pengawet kimia yang bisa digunakan dan bertahan lebih dari sebulan. Tapi bagi anda yang kurang pengalaman alangkah baiknya kalau tidak menggunakan cara tersebut.



0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.