PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman buah naga dikelompokkan menjadi tiga :

1.Hama Semut Merah
Semut merah biasa menyerang bagian ujung batang yang masih muda dan pergelangan ruas batang. Dia masuk dan membuat rumah didalam batang. Bagian yang terserang akan berwarna kuning, berlubang kemudian kering dan mati. Pemberantasan hama serangga ini dengan menggunakan insektisida, misalnya : Basudin 50 EC atau Matador.

2.Hama Bekicot
Hama bekicot menyerang tunas – tunas muda calon cabang buah naga. Bekas gigitan bekicot akan mengundang serangan hama jamur atau bakteri yang menyebabkan tanaman layu. Pemberantasannya dengan membuang dan membasmi semua bekicot yang berada di tanaman dan sekitar tanaman.

3.Penyakit Jamur
Jamur Fusarium oxysporum Schl yang menyerang tanaman buah naga menyebabkan penyakit layu fusarium. Jamur ini menyerang karena tanah atau media tanamnya tidak bisa membuang air dengan lancar. Tanaman yang terserang jamur menjadi layu dan pelan – pelan kering. Untuk menanggulangi penyakit ini bisa digunakan fungisida seperti Benlate T 20 WP atau Derosal 60 WP dengan cara disemprotkan pada bagian tanaman yang terserang penyakit.

Selain layufusarium, serangan jamur juga menyebabkan penyakit busuk pangkal batang pada tanaman buah naga. Jamur yang menyerang pangkal batang ini jamur Sclerotium rolfsii Sacc. Serangan jamur ini bahkan bisa menghabiskan batang sehingga tinggal “tulang” kayunya saja. Pemberantasannya dengan fungisida. Pengalaman di kebun kami, penyakit ini diberantas dengan air sabun colek. Caranya, dengan mencampur 1 sendok makan garam, 1 sendok teh sabun colek dan 17 liter air. Kemudian air sabun colek ini dioleskan pada bagian yang terserang jamur.

1 comments:

selvi nuraeni mengatakan...

susah banget nyari pengertian tentang hama bekicot-,-

Poskan Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.