Buah Naga Terberat Masuk MURI

rekor buah naga terbesarBuah naga merah berbobot 1,4 kilogram berhasil masuk Museum Rekor Indonesia (MURI), Sabtu (19/2). Buah milik Harsono Enggalhardjo dinyatakan sebagai buah naga terberat sampai saat ini.

Harsono, pengusaha bidang pertanian asal Dusun Bleder, Kelurahan Wonosari, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah, mengatakan buah naga yang ditanamnya sama seperti buah naga di tempat lain. Yang membedakan adalah pemberian pupuk organik, dengan bahan utamanya adalah udang dan plankton.

Pupuk khusus Harsono membuat buah naga menyerap protein secara maksimal. Pupuk cacing juga ditebar di sekitar tanaman untuk menambah efek pertumbuhan buah. Harsono mengaku merawat buah naga secara rutin agar terhindar dari jamur dan penyakit.

Pohon buah naga milik Harsono rata-rata berusia dua tahun, yang dapat tumbuh hingga 20 tahun. Panen bisa dilakukan sepanjang tahun, dengan 20-40 buah per tahun.

Saat ini Harsono baru mampu melayani permintaan pasar lokal, itu pun terbatas ke Semarang dan Jakarta. Menurutnya, buah naga saat ini mulai banyak digemari masyarakat. Sebelum buah naga, Harsono pernah memecahkan rekor MURI juga, melalui melon dengan berat 4,37 kilogram.

Berita dari Liputan6

0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.