Nagreg Budi Dayakan Buah Naga

Sejumlah warga di Kec. Nagreg, Kab. Bandung, sejak tiga hingga empat tahun terakhir ini mengembangkan budi daya buah naga. Di Kec. Nagreg, baru terdapat 32.000 pohon yang tersebar di 6 hektare lahan di Desa Citaman.

"Budi daya buah naga di Desa Citaman dinilai cukup menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi warga setempat. Pasalnya, harga buah naga di pasar Jakarta dan Bandung bisa mencapai Rp 20.000-Rp 30.000/kg," kata Sekretaris Kec. Nagreg, Drs. Ika Nugraha kepada "GM" di Nagreg, Rabu (20/4).

Menurutnya, budi daya buah naga yang dikembangkan di Desa Citaman diharapkan bisa diikuti sejumlah warga lainnya di Kec. Nagreg. "Apalagi saat ini, Nagreg sudah identik dengan buah naga saat ada kunjungan pejabat. Bahkan, sempat dibicarakan Bupati Bandung. Itulah yang menjadi kebanggaan dari sisi pertanian di Nagreg, selain jagung dan lainnya," kata Ika.

Ia menjelaskan, produksi buah naga asal Desa Citaman bisa mencapai 1-2 ton/bulan. Hasil panen dipasarkan ke kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan lain-nya. "Permintaan pasar akan kebutuhan buah naga belum terpenuhi. Sehingga, ada peluang pasar bagi para petani untuk mengembangkan usaha yang sama," katanya.

Ia mengungkapkan, Bupati Bandung berharap pengembangan budi daya buah naga juga dilakukan warga lain di luar Nagreg, sebab dapat meningkatkan ekonomi warga. "Petani berharap pertanian buah naga dilakukan secara plasma atau menularkan dengan melakukan kegiatan yang sama di tempat lain," harapnya.

Ketika ditanya kenapa budi daya buah naga bisa dikembangkan di Nagreg yang notabene lahan kering dan kritis, ia menjelaskan, wilayahnya memiliki kesuburan tanah yang cocok untuk pertanian buah naga. "Kemungkinan kelembaban udara di Nagreg selalu basah dan dingin. Sehingga, sangat cocok untuk pertanian buah naga. Kondisi alam seperti itu sangat cocok untuk buah naga," ujarnya.

Selain itu, katanya, lokasi penanaman buah naga berada pada sumber mata air. Karena, buah naga membutuhkan banyak air. "Jadi harus selalu disiram," tuturnya

Dikatakan, buah naga memiliki kualitas yang super istimewa untuk kesehatan tubuh manusia, yaitu jenis super red yang warnanya keungu-unguan. Jenis ini merupakan yang cukup bagus. Konsumen yang sudah tahu khasiatnya pasti akan memburunya. "Rasanya enak. Khasiatnya untuk kesehatan badan dan katanya bisa menurunkan kolesterol," ungkapnya.

Berita dari www.klik-galamedia.com

0 comments:

Posting Komentar

SILAHKAN KETIK COMMENT ANDA.